Assalamu'alaikum warakhmatullahi wa barakatuh
sugeng rawuh and selamat datang in my blog

Minggu, 25 Desember 2011

JURNALISTIK 1

URGENSI MATAKULIAH JURNALISTIK
Saya adalah mahasiswa semester VII jurusan PAI fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim. Saya kuliah mata kuliah jurnalistik karena selain ini adalah mata kuliah yang dipasarkan di semester VII juga untuk menambah wawasan pengetahuan jurnalistik. Tidak ada salahnya jika mahasiswa jurusan pendidikan Agama Islam mempelajari ilmu tentang jurnalistik.
Di dalam mata kuliah jurnalistik diajarkan bagaimana cara mencari data, menulis artikel, dan menerbitkan tulisan tersebut baik melalui media cetak ataupun elektronik. Saya berkeinginan setelah selesai (lulus) mata kuliah jurnalistik ini saya bisa menulis artikel, cerita, maupun buku-buku yang bisa diterbitkan untuk khalayak umum.
Mata kuliah jurnalistik perlu diberikan kepada mahasiswa jurusan pendidikan Agama Islam fakultas tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai wawasan pengetahuan untuk bekal nantinya ketika mengajar ataupun menjadi guru di sekolah. Ilmu jurnalistik tersebut bermanfaat katika kita menjadi pembimbing dalam pembuatan majalah sekolah maupun mading sekolah.    

KUNJUNGAN KE RADAR MALANG DAN MALANG POST
Hari jumat  tepatnya tanggal ke sembilan di bulan desember tahun 2011, saya berkunjung ke dua kantor penerbit koran  yang berada di Malang yakni radar malang dan malang post. Saya berangkat pukul 14.30 Wib dengan ditemani hujan gerimis yang membasahi kota Malang pada saat itu.
Sesampai di kantor radar malang yang beralamatkan di jalan Arjuno kota Malang saya langsung menuju lantai tiga, tepatnya di hall radar malang. Saya disambut senyum ramah oleh pak Choirul Anwar selaku dosen pengampu mata kuliah jurnalistik.Di dalam ruangan yang ber AC tersebut saya mendapat tambahan informasi tentang  jurnalistik meskipun hanya sedikit karena setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke kantor malang post yang beralamatkan di jalan Sriwijaya Kota Malang.
Perjalanan dari kantor radar malang menuju kantor malang post lagi lagi ditemani oleh hujan grimis yang saat itu lebih deras daripada ketika perjalanan  saya dari kampus  menuju radar malang. Sesampai disana kami disambut dengan senyum ramah oleh pak Husnun, kami juga dipersilahkan menuju tempat rapat yang ada di kantor malang post. Di sana saya memperoleh banyak informasi tentang  jurnalistik, khususnya yang berkaitan dengan koran malang post. Setelah itu kami diajak melihat bagaimana karyawan dan reporter mengolah data yang kemudian di edit (lay out) untuk kemudian di cetak pada malam harinya   

LAPORAN TENTANG KELAS
            Saat ini saya menyandang status sebagai mahasiswa semester VII jurusan Pendidikan Agama Islam fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kondisi perkuliahan di kelas kami baik dan berjalan kondusif dengan lingkungan yang nyaman dan fasilitas yang memenuhi proses kegiatan belajar mengajar.
          Perkuliahan mahasiswa fakultas tarbiyah berlokasi di gedung A yang terdiri dari dua lantai dengan jumlah seluruhnya dua puluh ruang kelas. Dosen pengajar di kelas kami berkompeten karena memang mengajar sesuai pada bidangnya.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar